Follow by Email

Rabu, 03 Agustus 2011

RPP Berkarakter Fisika SMA Kelas X


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)



smabes logo.jpg




                                                Satuan Pedidikan      : SMA
                                                Mata Pelajaran          : Fisika
                                                Kelas/ Semester         : X / Gasal





Oleh:
SISKA RIANITA LAKSANA





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah                                                 : SMA Negeri 1 Besuki
Mata Pelajaran                                    : Fisika
Kelas/Semester                                     : X/ Gasal
Pokok Bahasan                                    : Mengukur Besaran Fisika
Alokasi Waktu                                     : 6 x 45 menit (3x Pertemuan)

I.       Standar Kompetensi
1.     Menerapkan konsep besaran fisika dan pengukurannya.

I.       Kompetensi Dasar
1.1  Mengukur besaran fisika (panjang, massa, dan waktu).

II.    Indikator
            a.  Kognitif
1.    Produk:
a)    Mendiskusikan beberapa besaran pokok dan besaran turunan serta satuannya menurut SI;
b)   Menjelaskan dan mendiskusikan dimensi beberapa besaran pokok dan besaran turunan;
c)    Menjelaskan dan menyebutkan beberapa contoh dimensi suatu besaran;
d)   Menjelaskan dan mendiskusikan tentang ketidakpastian dalam suatu hasil pengukuran, ketelitian alat ukur serta angka penting;
e)    Menjelaskan dan mendiskusikan macam kesalahan dalam suatu pengukuran;
f)    Menerapkan konsep besaran dan satuan dalam pemecahan masalah.
2.    Proses:
Merencanakan pelaksanaan eksperimen untuk mengukur besaran pokok menggunakan beberapa alat ukur dengan berbeda ketelitian.
           b.  Psikomotor:
1.    Mengukur panjang menggunakan beberapa alat ukur panjang yang berbeda ketelitiannya.
            c.  Afektif
1.    Mengembangkan perilaku berkarakter, meliputi: jujur, berpikir kreatif, tanggung jawab, teliti, dan peduli.
2.    Mengembangkan keterampilan sosial, meliputi: bertanya, menyumbangkan ide atau berpendapat, menanggapi pendapat orang lain, menjadi pendengar yang baik, bekerjasama.

III. Tujuan Pembelajaran
            a.  Kognitif
1.    Produk:
                          a.       Melalui bahan ajar, siswa dapat mendiskusikan beberapa besaran pokok dan besaran turunan serta satuannya menurut SI;
                          b.       Melalui bahan ajar, siswa dapat menjelaskan dan mendiskusikan dimensi beberapa besaran pokok dan besaran turunan;
                          c.       Melalui bahan ajar, siswa dapat menjelaskan dan mendiskusikan tentang ketidakpastian dalam suatu hasil pengukuran, ketelitian alat ukur serta angka penting;
                          d.      Melalui bahan ajar, siswa dapat menjelaskan dan mendiskusikan macam kesalahan dalam suatu pengukuran;
                          e.       Melalui bahan ajar, siswa dapat menerapkan konsep besaran dan satuan dalam pemecahan masalah.
2.    Proses:
Diberikan bahan ajar dan LKS tentang besaran dan satuan, siswa dapat melakukan eksperimen untuk mengukur panjang menggunakan beberapa alat ukur panjang yang berbeda ketelitiannya sesuai rincian tugas kinerja dalam LKS.
           b.  Psikomotor:
1.  Disediakan mistar, jangka sorong dan mikrometer sekrup, uang logam, balok kubus, atau spidol, siswa dapat mengukur panjang dan tebal benda-benda diatas dengan menggunakan alat ukur yang berbeda.
            c.  Afektif:
1.    Karakter
Terlibat dalam proses belajar mengajar berpusat pada siswa, paling tidak siswa dinilai pengamat dapat membuat kemajuan dalam menunjukkan perilaku berkarakter meliputi:  jujur, peduli, teliti dan tanggung jawab


2.    Keterampilan sosial:
Terlibat dalam proses belajar mengajar berpusat pada siswa, paling tidak siswa dinilai pengamat dapat membuat kemajuan dalam menunjukkan keterampilan sosial bertanya, menyumbang ide atau berpendapat, menjadi pendengar yang baik, berkomunikasi dan kerjasama

IV. Materi Pembelajaran
1.         Pengertian Besaran Pokok dan Besaran Turunan
Besaran pokok merupakan besaran yang satuannya telah didefinisikan. Dalam fisika, ada 7 besaran pokok, yaitu panjang, massa, waktu, suhu, jumlah zat, kuat arus listrik, dan intensitas cahaya.
No.
Besaran Pokok
Satuan SI
Simbol Satuan
1.
Panjang
meter
m
2.
Massa
kilogram
kg
3.
Waktu
sekon
s
4.
Suhu
kelvin
K
5.
Jumlah zat
mole
mol
6.
Kuat arus listrik
ampere
A
7.
Intensitas Cahaya
candela
Cd
Besaran turunan adalah besaran yang satuannya diperoleh dari besaran pokok, misalnya kecepatan, luas, volume, massa jenis, gaya, usaha dan energi.
2.         Dimensi
Dimensi suatu besaran menggambarkan bagaimana suatu besaran tersusun dari besaran pokok.
No.
Besaran Pokok
Simbol Dimensi
1.
Panjang
L
2.
Massa
M
3.
Waktu
T
4.
Suhu
5.
Jumlah zat
N
6.
Kuat arus listrik
I
7.
Intensitas Cahaya
J

V.    Model dan Metode Pembelajaran
1.      Model Pembelajaran: Direct Instructions (DI); Cooperative Learning
2.      Metode Pembelajaran: - Eksperimen; Ceramah; Tanya jawab; Diskusi Kelompok.

VI. Alat dan Bahan Eksperimen
1.     dua buah uang koin logam
2.     balok kayu atau kubus
3.     Jangka Sorong, Mikrometer sekrup

VII.        Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
·         Pertemuan Pertama
Langkah/Fase
Kegiatan
Alokasi Waktu
Terlaksana/
Tidak
Kegiatan Pendahuluan
a.               Apersepsi dan motivasi
· Apakah panjang tergolong besaran pokok atau besaran turunan?
· Apakah manfaat satuan dalam pengukuran yang kita lakukan?
b.               Prasyarat pengetahuan
· Apakah yang dimaksud dengan besaran pokok?
· Apakah yang dimaksud dengan satuan Sistem Internasional (SI)?
c.               Guru menyampaikan tujuan pembelajaraan kognitif (produk, proses); psikomotorik; dan afektif (keterampilan sosial dan perilaku berkarakter).




10 menit

Kegiatan Inti
·   Diskusi kelas terpusat pada siswa





















- Pembelajaran



·      Guru memberikan sebuah pertanyaan kepada siswa agar siswa terdorong dan tertarik terhadap materi yang diajarkan.
·      Guru membimbing siswa dalam pembentukan kelompok.
l  Siswa (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian besaran.
l Siswa mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai perbedaan antara besaran pokok dan besaran turunan.
l Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan contoh besaran pokok dan besaran turunan.
l Siswa mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
l Guru menanggapi hasil diskusi kelompok  siswa dan memberikan informasi yang sebenarnya.
l Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian pengukuran.
l Peserta didik memperhatikan penjelasan mengenai nilai satuan standar untuk besaran-besaran pokok yang disampaikan oleh guru.
l Peserta didik secara berkelompok mendiskusikan satuan Sistem Internasional untuk besaran turunan.
l Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan satuan Sistem Internasional (SI) dari beberapa besaran turunan.
l  Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
l  Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
l  Peserta didik memperhatikan penggunaan awalan-awalan satuan yang dibakukan dalam fisika yang disampaikan oleh guru.
l  Guru menjelaskan kegunaan analisis dimensi dan memberikan contoh dimensi dari beberapa besaran fisika.
l  Peserta didik diminta untuk menuliskan lima contoh analisis dimensi dari besaran turunan.
l  Guru memeriksa penulisan analisis dimensi dari besaran turunan yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.









60 menit




































































Kegiatan Penutup

·       Guru bersama-sama siswa menarik kesimpulan mengenai materi yang telah dipelajari;
·       Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang menang serta kepada usaha-usaha yang telah dilakukan maupun usaha-usaha individu dalam bentuk komentar yang positif.
·       Guru memberikan soal-soal tugas kepada siswa dan menginformasikan materi pelajaran pada pertemuan selanjutnya




20 menit


·         Pertemuan Kedua
Langkah/Fase
Kegiatan
Alokasi Waktu
Terlaksana/
Tidak
Kegiatan Pendahuluan
a.       Apersepsi dan motivasi
·      Bagaimana cara mendapatkan hasil pengukuran yang tepat?
·      Dapatkah kita mengukur volume benda yang berbentuk tidak teratur?
b.   Prasyarat pengetahuan
· Apakah yang dimaksud dengan pengukuran?
·  Bagaimana cara mengetahui volume benda yang berbentuk tidak teratur?
c.    Guru menyampaikan tujuan pembelajaraan kognitif (produk, proses); psikomotorik; dan afektif (keterampilan sosial dan perilaku berkarakter).
d.   Pra-eksperimen:
Berhati-hatilah menggunakan peralatan yang digunakan dalam            pengukuran.




10 menit

Kegiatan Inti



















- Pembelajaran



·      Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
·      Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengukuran secara langsung dan pengukuran secara tidak lanngsung dalam fisika.
·      Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk mengambil mistar, jangka sorong dan mikrometer sekrup.
·      Guru mempresentasikan bagian-bagian mistar, jangka sorong dan mikrometer sekrup dan menunjukkannya kepada peserta didik.
·      Guru meminta salah satu peserta didik untuk melakukan hal yang sama seperti yang ditunjukkan oleh guru, jika terdapat kesalahan langsung diberi umpan balik.
·      Guru mendemontrasikan langkah-langkah penggunaan alat ukur, pengukuran suatu objek, cara membaca skala, menentukan nilai, dan membandingkan tingkat ketelitian dari hasil pengukuran dengan menggunakan mistar, jangka sorong, dan mikrometer sekrup.
·      Guru juga melakukan hal yang sama terhadap alat ukur neraca dua lengan, neraca elektronik dan stopwatch.
·      Peserta didik mengerjakan lembar kerja yang telah disiapkan oleh guru (kegiatan 2.1 halaman 40).
·      Guru memeriksa kegiatan pengukuran yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
·      Guru menjelaskan pengukuran secara tidak langsung untuk besaran panjang, massa, dan waktu.
·      Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengukuran besaran turunan.
·      Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai cara mengukur luas dan volume banda yang berbentuk teratur dan tidak teratur.
·      Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
·      Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.



 menit




































































1.     Kegiatan Penutup

·       Guru bersama-sama siswa menarik kesimpulan mengenai materi yang telah dipelajari;
·       Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang mempunyai kinerja baik serta kepada usaha-usaha yang telah dilakukan maupun usaha-usaha individu dalam bentuk komentar yang positif.
·       Guru memberikan soal-soal tugas kepada siswa dan menginformasikan materi pelajaran pada pertemuan selanjutnya




10 menit


·         Pertemuan Ketiga
Langkah/Fase
Kegiatan
Alokasi Waktu
Terlaksana/
Tidak
Kegiatan Pendahuluan
e.       Apersepsi dan motivasi
·      Apa manfaat melakukan pengukuran berulang?
·      Berapakah angka penting dari bilangan 0,00005006?
f.    Prasyarat pengetahuan
·  Apa yang harus dilakukan agar pengukuran memiliki kesalahan sekecil                     mungkin?
·  Bagaimana cara menentukan jumlah angka penting?
·  Guru menyuruh siswa untuk mengumpulkan tugas pada pertemuan sebelumnya.




10 menit

Kegiatan Inti



















- Pembelajaran



·      Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
·      Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya ketidakpastian dalam pengukuran.
·      Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai cara mengurangi kesalahan dalam pengukuran.
·      Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan jenis-jenis ketidakpastian dalam pengukuran.
·      Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
·      Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
·      Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan cara menentukan jumlah angka penting.
·      Guru memberikan contoh soal mengenai cara menentukan jumlah angka penting.
·      Guru menunjuk salah satu peserta didik untuk menjawab soal mengenai menentukan jumlah angka penting di depan kelas, sedangkan peserta didik yang lain memperhatikannya.
·      Guru memberikan beberapa soal mengenai cara menentukan jumlah angka penting untuk dikerjakan oleh peserta didik.
·      Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih ada peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
·      Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan cara pengolahan data dari hasil pengukuran.
·      Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan perbedaan antara variabel bebas dan variabel terikat.
·      Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
·      Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
·      Peserta didik memperhatikan contoh pengolahan data dari hasil pengukuran tebal sehelai kertas dengan menggunakan mikrometer sekrup yang disampaikan oleh guru.



25 menit




































































2.     Kegiatan Penutup

·       Guru bersama-sama siswa menarik kesimpulan mengenai materi yang telah dipelajari;
·       Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang mempunyai kinerja baik serta kepada usaha-usaha yang telah dilakukan maupun usaha-usaha individu dalam bentuk komentar yang positif.
·       Guru memberikan soal-soal tugas kepada siswa dan menginformasikan materi pelajaran pada pertemuan selanjutnya




10 menit




VIII.     Sumber Belajar
a.       Buku paket Fisika Kelas X SMA/MA yang relevan
b.      LKS Aspirasi

IX. Penilaian Hasil Belajar
1.             Hasil pekerjaan siswa dari ulangan harian.
2.             Tugas LKS siswa.
3.              Diskusi kelompok tentang Mengukur Besaran Fisika.

Format penilaian diskusi kelompok.
           
No.
Nama
ASPEK PENILAIAN
Total nilai
Presentasi
Sikap
Keaktifan
Wawasan
Kemampuan mengemukakan pendapat
Kerja sama












Keterangan: nilai maksimal 20






LEMBAR OBSERVASI DISKUSI KELOMPOK
No
Nama Siswa
Aspek yang Dinilai
Skor/ Jumlah
1
2
3
4
5
6














Aspek yang dinilai:
  1. Kemampuan menyampaikan pendapat.
  2. Kemampuan memberikan argumentasi.
  3. Kemampuan memberikan kritik.
  4. Kemampuan mengajukan pertanyaan.
  5. Kemampuan menggunakan bahasa yang baik.
  6. Kelancaran berbicara.

Penskoran:                                                     Jumlah skor:
A. Tidak Baik             Skor 1                          24—30 = Sangat Baik
B. Kurang Baik           Skor 2                          18—23 = Baik
C. Cukup Baik                        Skor 3                          12—17 = Cukup
D. Baik                        Skor 4                          6—11 = Kurang
E. Sangat Baik                        Skor 5


FORMAT PENILAIAN PROSES DISKUSI
No
Nama Siswa
Kriteria Penilaian
Jumlah Skor
1
2
3
4
5
1







2







dst









Keterangan:                                                                 Rentang skor : 1—3
    1. Aktivitas dalam kelompok                              2—15             = Sangat baik 
    2. Tanggung jawab individu                               9—11              = Baik
    3. Pemikiran                                                        6—8                = Cukup         
    4. Keberanian berpendapat                                 3—5                = Kurang       
    5. Keberanian tampil      
                                                              i.      Test pilihan ganda dan uraian.




Besuki, 18 Juli 2011
Mengetahui,   
Kepala SMA Negeri 1 Besuki,                                               Guru Mata Pelajaran


           

Sugeng Ali Fatah, S.Pd                                                          Siska Rianita Laksana, S.Pd
NIP. 19630212 198412 1 004







1 komentar:

  1. hiiii mak langsung copas siss,.

    http://www.markodink.blogspot.com/
    jalan2 nde kene yohh hii

    BalasHapus